5 Cara Antisipasi Penipuan Rumah Syariah

  • 4 weeks ago
  • Blog
  • 0
kpr syariah
Spread the love

Penipuan rumah syariah kerap terjadi di masyarakat. Dengan iming-iming biaya yang murah untuk membeli rumah idamana, maka tak jarang dari mereka malah terkena penipuan oleh developer yang ingin mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya.

Penipuan Rumah Syariah

Ini bukan tipuan! Jika harga rumah meroket setiap tahun, bahkan di kota-kota besar, harga rumah bisa naik 20-30% per tahun. Hal ini disebabkan minimnya lahan bebas yang dapat digunakan untuk perumahan, di sisi lain pertumbuhan masyarakat semakin meningkat dan semakin banyak masyarakat yang ingin memiliki rumah sendiri.

Kebutuhan akan rumah murah telah dimanfaatkan oleh banyak orang, untuk melakukan penipuan rumah syraiah, dengan tujuan untuk memetik keuntungan dari kondisi ini. Agar kamu tidak tertipu dengan developer nakal maka ada cara antisipasinya.

penipuan rumah syariah

Dilansir dari berbagai sumber, banyak masyrakat yang tertipu pengembang dengan perumahan model syariah. Mereka mengajak ke lokasi rumah-rumah Islami, kemudian mereka menawarkan melalui brosur dan iklan.

baca juga :
5 Alasan Rumah Indent Lebih Menguntungkan
5 Ciri Perumahan Syariah Agar Tidak Tertipu
6 Tips Beli Perumahan Bekasi Bebas Banjir

Para penipu rumah syariah ini pun membangun rumah untuk meyakinkan korban dan menawarkan dengan pembayaran tanpa bunga yang murah untuk sebuah unik rumah. Bahkan korban termakan janji tidak ada riba, bank tidak terkontrol, dan tidak ada bunga kredit, hal inilah yang membuat banyak korban.

Antisipasi Penipuan Rumah Syariah

Ada beberapa cara untuk kamu yang ingin membeli rumah, tapi tidak ingin tertipu oleh pengembang. Sehingga ketika kamu sebelum membeli rumah, maka ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan pertimbangkan, diantaranya:

penipuan rumah syariah

#1 Perhatikan sistem pembayaran

Hal yang paling penting dalam membeli sebuah rumah idaman adalah bagaimana sistem pembayaran perumahan tersebut. Sistem pembayaran apa yang digunakan? Jika Syariah, seperti apa sistemnya? Pastikan ada bank penjamin dalam kontrak penjualan ini yang bertanggung jawab jika terjadi kesalahan.

Karena jika tidak ada bank penjamin, maka seluruh resiko akan kamu tanggung sendiri. Tetapi dengan adanya pihak bank, maka segala sesuatunya akan dicek oleh pihak bank, dari legalitas lokasi, dan berbagai ijin yang diteribitkan. Sehingga kamu terhindar dari penipuan rumah syariah.

# 2 Temukan pengembang terkemuka

Antisipasi penipuan rumah syariah adalah dengan mengecek reputasi pengembang. Kebutuhan perumahan yang terus berkembang dimasyarakat, menjadi peluang pasar yang besar bagi seorang pengembang atau developer. Sehingga, sekarang ini banyak developer baru yang bermunculan menawarkan produk rumahnya.

Tetapi bagi kamu yang ingin membeli rumah pada sebuah perumahan, maka kamu juga harus memperhatikan latar belakang pengembang, reputasi pengembang, kredibilitas pengembang sangat penting dan bukti adanya kontruksi perumahan yang jelas.

Hal ini tentu dapat kamu telusuri melalui websitenya atau mengunjungi langsung lokasi perumahan. Disana kamu bisa mencari tahu informasi pada kantor pemasaran, atau menanyakan langsung pada orang yang telah tinggal di perumahan tersebut.

penipuan rumah syariah

# 3 Cari informasi dari otoritas lokal

Sebelum membeli rumah, ada baiknya mencari informasi lokasi tanah yang akan dibangun, yang bisa kamu tanyakan di kantor kota, kecamatan atau terlampir. Jika ada indikasi sengketa tanah, jangan dilanjutkan.

Agar terhindar dari penipuan rumah syariah, jangan pernah tergiur dengan penawaran harga rumah yang murah. Karena bisa jadi tanah yang digunakan ternyata lahan sengketa yang kedepannya tentu akan membuat masalah, bahkan bisa jadi kamu kehilanngan rumah yang telah kamu beli.

Cek dan ricek terkait legalitas tanah sangat penting ketika kamu ingin membeli rumah, hal ini sebagai langkah antisipasi terhindar dari penipuan.

#4 Survei langsung

Ketika kamu ingin membeli rumah, kamu tidak hanya melihat dari brosur dan iklan. Langkah yang harus kamu lakukan adalah dengan mensurvei langsung perumahan yang kamu pilih. Kamu harus melihat langsung bangunan rumah yang ditawarkan.

Karena tak jarang dari penipuan rumah syariah yang banyak terjadi mereka terlalu percaya kepada pengembang. Padahal yang ditawarkan hanya berbentuk gambar, dan belum ada rumah yang telah dibangun oleh developer.

#5 Jangan tergiur dengan harga rumah murah

Untuk menghindari penipuan rumah syariah adalah jangan tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Yang terpenting jangan tergiur dengan harga rumah murah! Cobalah untuk memperkirakan secara kasar apakah harga rumah yang diberikan sebanding dengan harga tanah dan modal bangunan.

Compare listings

Compare
/* */