PILIH RUMAH ATAU APARTEMEN? KPR SYARIAH SOLUSINYA

  • 1 month ago
  • Blog
  • 0
kpr perumahan syariah
Spread the love

kpr syariah

PILIH RUMAH ATAU APARTEMEN? KPR

SYARIAH SOLUSINYA

Jika Anda ingin memiliki rumah atau apartemen?  KPR Syariah akan menjadi salah satu solusinya.

Halo sobat Aspro bagaimana kabar sobat di tahun 2022 semoga tetap sehat selalu. Masih edisi topik kpr syariah, kita akan melanjutkan dengan rangkaian artikel yang membahas keuangan syariah serta produk dan layanan keuangan syariah. Setelah mempelajari lebih lanjut tentang asuransi syariah minggu lalu,  kali ini kita akan membahas KPR/KPA KPR/KPA dan Kredit perumahan syariah dengan prinsip Syariah.

Dalam prinsip Syariah KPR/KPA dikenal sebagai KPR Syariah atau Pembiayaan Pemilikan Rumah dan Apartemen. Tempat tinggal tersebut dapat berupa rumah atau apartemen yang lebih fungsional dan cenderung berlokasi di perkotaan. Namun seperti yang Anda ketahui harga rumah dan apartemen dapat naik dari waktu ke waktu terutama jika Anda mencari rumah di kota besar. Tentu saja harga rumah dan apartemen yang tinggi membuat pembelian tunai menjadi sulit mengingat pendapatan rata-rata individu saat ini. Cara lain untuk membeli rumah ini adalah melalui instrumen keuangan. yaitu Kredit Pemilikan Rumah atau KPR/KPA apartemen, Hak Milik disediakan oleh Bank konvensional atau Bank Umum Syariah atau UUS Departemen Syariah. KPR Syariah. perumahan syariah dapat berupa pembiayaan jangka pendek jangka menengah atau jangka panjang untuk membiayai pembelian rumah dengan prinsip Murabahah baru atau kontrak lainnya.

Bagaimana langkah-langkah pembiayaan kepemilikan rumah dengan prinsip syariah? ?? Apa perbedaan antara KPR/ KPA dan bank konvensional? Nah artikel kali ini akan membahas KPR Syariah produk keuangan yang bisa dijadikan alternatif jika Anda ingin membeli rumah atau apartemen. yuk check bareng dengan teman Aspro Anda! Seperti namanya KPR Syariah yang ditawarkan oleh rumah atau KPR syariah mempunyai prinsip tanpa riba, tanpa denda, tanpa bunga, dan sita . Perbedaan terpenting antara KPR/KPA yang ditawarkan bank konvensional dan KPR syariah adalah proses transaksinya. Pada bank konvensional proses object  transaksi adalah uang, sedangkan KPR syariah object transaksi barang.

Jenis perjanjian lain yang biasa digunakan untuk membiayai kepemilikan rumah dan apartemen di Indonesia adalah :

1.KPR Syariah Perjanjian jual beli atau akad murabahah

system menjual kepada pembeli dengan harga beli ditambah margin atau keuntungan. Kesepakatan telah dicapai antara developer dan pembeli. Dengan demikian developer KPR syariah   bertindak sebagai pemilik rumah dan kemudian menjual rumah atau apartemen itu kepada pembeli secara mencicil. kepada developer KPR Syariah. Pelanggan tidak dibebankan bunga atas pembayaran yang dilakukan secara mencicil tetapi mendapat margin atau keuntungan dari penjualan tersebut. Oleh karena itu jumlah pembayaran yang harus dibayar oleh pembeli pada awal akad murabahah tidak berubah dalam jangka waktu tertentu dari awal jumlah pembayaran sudah ditentukan.

2. KPR Syariah Kontrak Kerja Sama Musyarakah Mutanaqisah (Perjanjian Sewa Menyewa)

Musyarakah mutanaqisah adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih yang berserikat atau bekerjasama suatu barang yang dibeli oleh satu pihak dari pihak lain. Di bawah ini contoh skema KPR Syariah  : kepemilikan developer KPR syariah 80% dan Pembeli 20%. Pembeli kemudian akan membeli rumah atau apartemen tersebut dari bank dengan cicilan pembayaran atau uang sesuai dengan ekuitas pemilik rumah atau apartemen tersebut. Salinan pembayaran yang dilakukan oleh pembeli di bawah rekening ini harus dibayar dengan kesepakatan antara bank dan pembeli.

3. Kontrak lainnya: Istishna Izarah Muntahiyah Bit Tamil IMBT

 

Apa saja fitur KPR Syariah?

1. KPR Syariah memiliki Perjanjian Murabahah (Sale) maka pembayaran angsuran bulanan bersifat tetap dan tidak berdasarkan BI rate. Jelas berbeda dengan KPR/KPA bank tradisional yang suku bunganya mengikuti naik turunnya BI rate.

2. KPR Syariah mempunyai system Proses aplikasi cepat dan mudah.

3. KPR Syariah Fleksibilitas untuk membeli rumah baru atau perumahan

4. KPR Syariah system Tanpa bunga

5. KPR Syariah system denda

6. KPR Syariah system tanpa sita

 

Apa yang harus saya persiapkan dari sudut pandang prosedural?

Mari simak persyaratannya berikut ini:

1. Anda adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dan berkompeten di mata hukum.

2. Berusia minimal 21 tahun dan di bawah 55 tahun

3. Tidak boleh melebihi jumlah maksimum.

4. Jumlah angsuran dalam pendapatan bersih bulanan tidak boleh melebihi 40%

5. Hak Tanggungan Syariah tidak berlaku untuk unit yang telah selesai atau dimodifikasi terutama dalam hal kepemilikan unit pertama tetapi kondisi ini tidak memungkinkan kepemilikan unit berikutnya.

6.Harga yang disepakati tetap sampai pelunasan pembayaran atau kesepakatan antara para pihak.

7. Perjanjian kerjasama antara pengembang dan pembeli hanya satu akad dan tidak ada BI checking.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengajukan pinjaman Syariah jika Anda memenuhi persyaratan ini:

1. Pilih properti yang Anda beli. Jika Anda ingin membeli properti dari pengembang cari tahu tentang developer KPR Syariah  yang telah tergabung dengan pengembang.

2. Jadikan prosesnya cepat dan mudah. . Pastikan Anda memenuhi persyaratan pengajuan umum yang diuraikan dalam poin sebelumnya.

3, Dapatkan informasi tentang biaya KPR syariah. Ini memperhitungkan tidak hanya uang muka (DP) atau uang muka untuk pembelian properti tetapi juga biaya lain seperti biaya administrasi lainnya seperti Biaya yang terkait dengan penjualan properti Anda dan biaya Pajak. biasanya Beberapa bank mengenakan biaya audit untuk pembelian satuan unit rumah.

Terakhir berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan produk Syariah untuk pembelian rumah.

1. Check developer KPR Syariah yang dipilih mempunyai kredibilatas dan terpercaya dalam usaha yang baik serta beritikad menyelesaikan pembangunan rumah.

2. Pilih Developer terkemuka yang menawarkan harga terjangkau;

3. Pilih produk yang menawarkan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

4.Siapkan dokumen lengkap sejak saat pengajuan;

5. Pastikan Anda mengisi formulir aplikasi dengan informasi yang benar;

6. Nilai kemampuan Anda untuk membayar tagihan; 

7. Pilih angsuran yang sesuai dengan kemampuan membayar anda.

Apa jawabanmu? Apakah Anda sudah memiliki pilihan baru untuk membeli rumah dan apartemen impian Anda? Terlepas dari produk keuangan yang Anda gunakan untuk mencapai tujuan keuangan Anda Anda harus selalu menyadari masing-masing. Ingat sudut pandang teman Anda Kelola masa depan Anda dengan bijak dan sejahtera! Distribusi

alhamdulilah saat ini aspro membuka beberapa project KPR Syariah yang bisa menjadi pilihan sobat aspro diantaranya :

  1. KPR Syariah Bekasi Cluster jatisari village lokasi sangat strategis dan harga termurah di kelasnya dekat banget tol diantaranya tol jatiasih, tol cibubur dan tol jatiwarna dengan konsep perumahan syariah bekasi desain  bangunan rumah modern mileneal islami.

kpr syariah

2. KPR syariah banjar jawa barat zahwa residence lokasi juga tidak kalah premium karena sebrang persis kantor angggota DPRD banjar terletak di tengah pusat kota dekat banget sama stasiun kereta api dan yang pasti harganya  masih terjangkau banget.

kpr syariah banjar

3. KPR syariah Aceh bumi aje city yang terletak di kota aceh

 

kpr syariah

 

 

Join The Discussion

Compare listings

Compare
/* */