Perumahan Syariah Tangerang

Perumahan Syariah Tangerang – Rumah KPR syariah mulai menjadi pertimbangan masyarakat Indonesia untuk dapat memiliki hunian impian, terutama di kalangan umat Islam.

Banyak umat Islam saat ini mulai mempertimbangkan masalah bunga cicilan (riba) pada angsuran KPR konvensional. Apalagi sejak gencarnya dakwah tentang bahaya riba di kajian-kajian Islam dan media sosial.

kpr perumahan syariah

KPR syariah  berbeda dengan KPR konvensional pada umumnya. Apalagi jika skema pembayarannya langsung ke developer, tidak melalui bank walaupun bank syariah, ada banyak manfaat yang akan dirasakan oleh konsumen

Dalam prinsip Syariah KPR dikenal sebagai KPR Syariah atau Pembiayaan Pemilikan Perumahan syariah atau KPR. Tempat tinggal tersebut dapat berupa rumah atau apartemen yang lebih fungsional dan cenderung berlokasi di perkotaan. Namun seperti yang Anda ketahui harga perumahan atau rumah dapat naik dari waktu ke waktu terutama jika Anda mencari rumah di kota besar. Tentu saja harga rumah yang tinggi membuat pembelian tunai menjadi sulit mengingat pendapatan rata-rata individu saat ini. Cara lain untuk membeli rumah ini adalah melalui instrumen keuangan. yaitu Kredit Pemilikan Rumah, Hak Milik disediakan oleh Bank konvensional atau Bank Umum Syariah atau UUS Departemen Syariah. KPR Syariah atau perumahan syariah dapat berupa pembiayaan jangka pendek jangka menengah atau jangka panjang untuk membiayai pembelian rumah dengan prinsip Murabahah baru atau kontrak lainnya.

Bagaimana langkah-langkah pembiayaan kepemilikan rumah dengan prinsip syariah? ?? Apa perbedaan antara KPR Syariah dan bank konvensional? Nah artikel kali ini akan membahas KPR Syariah yang bisa dijadikan alternatif jika Anda ingin membeli rumah. yuk kita check bersama ! Seperti namanya KPR Syariah yang ditawarkan oleh rumah atau KPR syariah mempunyai prinsip tanpa riba, tanpa denda, tanpa bunga, dan sita . Perbedaan terpenting antara KPR yang ditawarkan bank konvensional dan KPR syariah adalah proses transaksinya. Pada bank konvensional proses object  transaksi adalah uang, sedangkan KPR syariah object transaksi barang.

Jenis perjanjian lain yang biasa digunakan untuk membiayai kepemilikan rumah atau KPR syariah  di Indonesia adalah :

1.KPR Syariah Perjanjian jual beli atau akad murabahah

System menjual kepada pembeli dengan harga beli ditambah margin atau keuntungan. Kesepakatan telah dicapai antara developer dan pembeli. Dengan demikian developer KPR syariah   bertindak sebagai pemilik rumah dan kemudian menjual rumah atau apartemen itu kepada pembeli secara mencicil. kepada developer KPR Syariah. Pelanggan tidak dibebankan bunga atas pembayaran yang dilakukan secara mencicil tetapi mendapat margin atau keuntungan dari penjualan tersebut. Oleh karena itu jumlah pembayaran yang harus dibayar oleh pembeli pada awal akad murabahah tidak berubah dalam jangka waktu tertentu dari awal jumlah pembayaran sudah ditentukan.

  1. KPR Syariah Kontrak Kerja Sama Musyarakah Mutanaqisah (Perjanjian Sewa Menyewa)

Musyarakah mutanaqisah adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih yang berserikat atau bekerjasama suatu barang yang dibeli oleh satu pihak dari pihak lain. Di bawah ini contoh skema KPR Syariah  : kepemilikan developer KPR syariah 80% dan Pembeli 20%. Pembeli kemudian akan membeli rumah atau apartemen tersebut dari bank dengan cicilan pembayaran atau uang sesuai dengan ekuitas pemilik rumah atau apartemen tersebut. Salinan pembayaran yang dilakukan oleh pembeli di bawah rekening ini harus dibayar dengan kesepakatan antara bank dan pembeli.

  1. Kontrak lainnya: Istishna Izarah Muntahiyah Bit Tamil IMBT

Diatas adalah penjelasan sedikit tentang kpr syariah pada umumnya sekarang kita akan menjelaskan konsep perumahan syariah yang murni sesuai dengan prinsip syariah.

rumah syariah

berikut tips penjelasan konsep rumah syariah !

  • Perumahan Syariah Tidak ada bunga

Seperti dijelaskan di awal bahwa bunga jadi ganjalan bagi yang akan membeli perumahan syariah secara mencicil.

Bunga di KPR konvensional bersifat fluktuatif mengikuti perkembangan suku bunga acuan Bank Indonesia. Sebagai konsumen tentu tidak nyaman membayar cicilan yang jumlahnya bisa berubah sewaktu-waktu.

Hal ini tidak akan terjadi jika kamu memilih rumah KPR syariah langsung ke developer. Cicilan bersifat tetap hingga akhir, tak peduli nilai tukar dollar sedang naik atau suku bunga BI sedang tinggi.

  • Rumah Syariah Tidak ada denda keterlambatan

Denda akibat telat membayar cicilan dalam KPR konvensional termasuk dalam riba yang terlarang.

Boleh jadi konsumen sedang terdesak sehingga alokasi dana cicilan justru dialihkan ke keperluan lain. Sebagai pemberi pinjaman sebaiknya memberi kelonggaran kepada peminjam bukan malah menambah beban dengan denda.

Dalam KPR rumah syariah, peminjam dapat mengomunikasikan hal ini kepada developer untuk memberi kelonggaran tenggat waktu.

Namun di sisi lain, peminjam juga wajib untuk memenuhi amanah. Tidak bermudah-mudahan mencari alasan untuk menunda pembayaran cicilan.

  • Rumah KPR Syariah Tidak ada penalti pelunasan

Mungkin terdengar aneh, seseorang yang ingin melunasi hutang lebih awal  dari kesepakatan tapi malah terkena denda. Tapi ini memang terjadi pada KPR konvensional.

Pada rumah KPR syariah, developer justru menyambut baik niat konsumen yang melunasi cicilan lebih awal.

  • Perumahan Syariah Tidak ada sita rumah

Sudah banyak berita penyitaan aset oleh bank akibat peminjam gagal bayar. Tapi masih banyak orang yang “main api” dengan bank.

Jika peminjam dalam perumahan syariah mengalami kredit macet, konsumen dapat membicarakan langsung ke developer agar dapat dicarikan jalan keluar yang adil bagi kedua pihak.

·         Harga Perumahan Syariah bersifat flat sampai lunas

saat ini untuk perumahan syariah tidak ada penambahan nilai transaksi atau tetap, karena keuntungan pada dasarnya ditentukan di awal atau setelah harga jual. Jadi setelah pembayaran dibayarkan sisa saldo dapat dinegosiasikan dengan selisih dan kemudian dibagi rata selama periode pembayaran yang diperlukan.

·         Rumah Syariah Tidak melibatkan kegiatan perbankan

Akad jual beli rumah syariah tidak menggunakan perantara seperti bank atau lembaga perkreditan. Oleh karena itu hunian syariah juga tidak akan dikenakan proses credit rating seperti biaya administrasi untuk pengendalian BI dll. Pembeli rumah syariah hanya menggunakan satu akad dengan developer rumah syariah. Dalam hal ini pengembang rumah syariah sudah memiliki system transaksi berdasarkan perjanjian yang disepakati.

·         Rumah Syariah tidak ada asuransi

Rumah yang sesuai syariah tidak memerlukan asuransi dan rumah konvensional biasanya menyertakan asuransi dalam sistem cicilan. Namun untuk rumah yang sesuai syariah ini biasanya bukan persyaratan karena asuransi tidak jelas dan tidak selalu sesuai syariah. Hingga kedua belah pihak menemukan konsep asuransi yang adil. Oleh karena itu rumah syariah umumnya tidak memerlukan asuransi properti yang saat ini sudah termasuk premi.

Hindari Penipuan Rumah yang Sesuai Syariah Bahkan di dalam perumahan Syariah selalu ada orang yang tidak bertanggung jawab.

Sekarang kami memberi Anda beberapa tips agar tidak tertipu saat membeli rumah dari Rumah Syariah !

1.Memverifikasi developer terdaftar dalam komunitas

Memverifikasi bahwa pengembang rumah yang sesuai dengan Syariah terdaftar dengan sistem pendaftaran pengembang tertentu (SIRENG) melalui asosiasi pengawas. Juga periksa dengan komunitas Syariah pengembang real estat untuk memastikan lisensi Anda lengkap.

  1. Pastikan developer sudah mempunyai project yang sudah dibangun atau dihuni

Proses Konstruksi  rumah syariah yang sesuai dengan syariah diharuskan menerima uang muka dan menggunakan sistem hub untuk membangun rumah mereka. Namun pembeli dapat memantau dukungan rumah mereka melalui aplikasi Sistem Informasi Hipotek (SiKasep) yang dikembangkan oleh Pusat Pengelola Dana Kredit Pemilikan Rumah (PPDPP).

  1. Hindari transaksi langsung sebelum percaya.

Jika Anda masih tidak yakin dengan keandalan dan keabsahan status hukum Rumah Syariah di lapangan berdasarkan hasil mohon untuk tidak melakukan pembayaran. Gunakan opsi pembayaran pemerintah alternatif. Saat ini ada banyak bank yang membayar kepatuhan dalam hal layanan yang nyaman. Ini dikelola oleh kelompok terpilih lebih dari 15 bank syariah milik negara di Indonesia, sehingga itu proses membeli rumah di Rumah Syariah jauh lebih aman.

Bagaimana dengan pemahaman yang lebih baik tentang rumah syariah? Jangan tertipu sebelum membeli dan jangan lupa cek dan lakukan hal di atas.

Apa jawabanmu? Apakah Anda sudah memiliki pilihan baru untuk membeli rumah dan apartemen impian Anda? Terlepas dari produk keuangan yang Anda gunakan untuk mencapai tujuan keuangan Anda Anda harus selalu menyadari masing-masing. Ingat sudut pandang teman Anda Kelola masa depan Anda dengan bijak dan sejahtera! 

Salah satu developer yang bergerak di penjualan perumahan syariah adalah ASPRO (Agung Sharea Property). SIAPAKAH ASPRO? Agung Sharea Property adalah Developer KPR Perumahan Syariah, yang membangun rumah syariah milenial dan modern islami, serta menciptakan produktivitas bagi para penghuninya, sehingga memudahkan untuk melakukan ketaatan beribadah kepada Allah SWT melalui konsep desain denah interior yang sesuai dengan ajaran islam.  ASPRO kini sedang mengembangkan perumahan syariah di berbagai kota. Skema pembayaran yang diterapkan adalah lewat developer langsung tanpa bank. Sehingga transaksi bebas bunga, BI checking, denda, dan sita. Info lengkap ASPRO.

Konsep KPR Perumahan syariah Islami yang dikembangkan ASPRO antara lain  :

  1. Menyediakan Ruangan Khusus untuk Ibadah
  2. Pencahayaan yang Baik
  3. Toilet Tidak Menghadap Kiblat
  4. Memajang Lafadz Allah dan Ayat-ayat Allah

 

Saat ini aspro membuka beberapa project KPR Syariah yang bisa menjadi pilihan sobat aspro diantaranya :

  1. KPR Syariah Bekasi Cluster jatisari village lokasi sangat strategis dan harga termurah di kelasnya dekat banget tol diantaranya tol jatiasih, tol cibubur dan tol jatiwarna dengan konsep bangunan rumah modern mileneal islami. Pilihannya pun beragam, mulai dari 340 juta untuk bangunan satu lantai plus mezzanine hingga 600 juta untuk bangunan dua lantai.

 

  1. Perumahan Syariah Banjar jawa barat zahwa residence lokasi juga tidak kalah premium karena sebrang persis kantor angggota DPRD banjar terletak di tengah pusat kota dekat banget sama stasiun kereta api dan yang pasti harganya  masih terjangkau banget.

 

  1. Rumah Syariah Aceh bumi aje city yang terletak di kota aceh

 

semoga dengan sedikit penjelasan perumahan syariah tersebut dapat memilih rumah yang sesuai syariah ya. Kami memberikan beberapa referensi project perumahan syariah yang aman dan sudah ada pembangunan diantaranya perumahan syariah Bekasi dan perumahan syariah banjar jawa barat

Untuk info lengkap dan update perumahan syariah bias kunjungi dan follow link dibawah:

Website           : https://kprperumahansyariah.com/

Fanpage           : asproagungshareaproperty

Instagram        : asproagungshareaproperty

Maps               : perumahan syariah bekasi

 

Berita yang terkait dengan Perumahan Syariah Tangerang